Buatlah Animasi Jam Sendiri

7 Dec 2009

[kml_flashembed movie="http://pustakasmasa.com/images/animasi/2011ipa1/1180411894jam.swf" width="200" height="200" wmode="transparent" /]

Keistimewaan lain Flash adalah kemampuannya untuk diselipi program sehingga animasi jadi lebih kaya kreasi. Program di Flash dikenal dengan nama action script. Cara termudah untuk mempelajari animasi yang ber-action script adalah melalui project animasi jam.

Di animasi jam, kita tidak hanya belajar untuk melakukan perhitungan variabel tetapi juga menggerakkan object melalui script perintah.

Baiklah, berikut ini satu persatu akan kita bahas langkah demi langkah membuat tampilan animasi jam.

Buat project baru di flash ubah layer name jadi “Action Script”

Jam

Ambil Script jam, kemudian copy paste ke dalam action script frame layer tersebut

jam21

Ubah ukuran animasi jadi 200X200 pixel

jam3

Sekarang, check setiap variabel waktu yaitu jam, menit dan detik. Tambahkan layer baru bernama Output Variabel, didalamnya tambahkan dengan text tool tambahkan ditampilan project tulisan “00″ (nol nol), posisi terserah. Tepat setelah menambahkan, perhatikan jendela properties bawah, ubah jadi “dynamic text” kemudian isi “var” dengan variabel jam, yaitu “Hours”

jam5

Test animasi jam dengan menekan ctrl+enter. Jika langkah diatas benar, maka akan tampil angka penunjuk jam.

jam6

Nah, untuk tampilan waktu menit dan detik, lakukan langkah yang sama diatas, sehingga ada text box untuk penunjukan jam. Variabel yg digunakan yaitu “Minutes” untuk menit dan “Seconds” untuk detik. Setelah selesai, coba test kembali dengan menekan ctrl+enter.

Membuat tampilan jarum jam tidak serumit yang dibayangkan. Buat saja garis lurus berdiri, tapi karena untuk penunjukkan jam, coba dibuat agak tebal. Convert to symbol object garis tersebut menjadi movie clip dengan registrasi ditengah bawah bernama .

jam 7

jam8

Klik object yg sudah diregisterkan tersebut, lalu perhatikan windows properties dibawah. Isi “instance name” dengan nama “HoursHand”

jam9

Coba test jam dengan menekan ctrl+enter. Jalan? jika ya lakukan hal yang sama untuk tampilan animasi menit dan detik, dengan instance name masing-masing “MinutesHand” dan “SecondsHand”

Kerjakan prosedur diatas, jika sudah mahir, coba bereksperimen untuk tampilan jam yang lainnya seperti dibawah ini.

[kml_flashembed movie="http://pustakasmasa.com/images/animasi/2011ipa1/1180411894jam.swf" width="300" height="300" wmode="transparent" /]


TAGS Animasi Jam Membuat Animasi Jam Create your own flash clock


-

Author

Fajarokto
Seorang guru, yang berusaha mempraktekkan ilmu dalam kehidupan.

Follow Me