Jangan Jadi Blogger Gagal

24 Nov 2014

Blogdetik

Blogdetik

Pada tulisan yang diposting, setiap blogger tentu mempunyai harap kepada apa yang mereka tuangkan tersebut. Wujud harap ini bisa bermacam macam, ada respon suka, benci, atau respon netral dan dingin sekalipun dari para pembacanya.

Blogger yang handal tentu mempunyai resep mujarab untuk membuat arah tulisannya mampu menyulap perasaan pembacanya ke berbagai arah tersebut diatas. Dimana, blogger yang handal ini pun mampu mewujudkan rangkaian kata dalam kalimat mereka dengan posisi perasaan yang tenang, mengapa, agar para pembaca tidak hilang arah.
Sering memang dalam mencipta kalimat, blogger selalu memberikan opini didalamnya, namun ibarat debat dalam percakapan, blogger yg handal mampu mengargumentasikan apa yang mereka tulis dengan tidak perlu melakukan debat hebat, walau debat ini pun bisa dilakukan melalui kolom komen yang sengaja diaktifkan.
Memang tidak setiap blogger, bahkan yang handal sekalipun mampu menjabar jelaskan maksud mereka dalam tulisan yang kreatif, tetapi seorang blogger yang tidak mampu berargumen dalam suatu topik bahasan, apalagi bahasan yang sederhana, ada baiknya menghindarinya (tulisan) yang mungkin memang bukan ranahnya.
Bisa jadi ketidak mampuan ini bukan karena blogger tersebut tidak mampu dalam olah katanya, namun ketidak jelasan sumber yang mendasari mereka dalam membuat tulisan tersebut yang biasanya merusak “nama” blogger tersebut.
Banyak tujuan penulis yang pada saat mengawali dunia tulis menulis ini sudah benar, yaitu menshare pengetahuan dan informasi yang mereka miliki, namun dalam perjalanannya para penulis ini bisa jadi menargetkan diri atau bahkan ditarget untuk mempopulerkan suatu topik. Nah, dalam popularitas ini tak hanya hal positif, tetapi hal negatif juga membuat tulisan yang blogger produksikan menjadi menarik. Memang halal2 saja saat seorang penulis handal mengulas negatifitas objek pada tulisannya dengan arah yang subjektif sekalipun, asal perlu dicamkan bahwa apa yg mereka tulis memang didasari oleh data yang akurat dan nyata.
Karena bila tidak, bisa jadi bukan hanya popularitas tulisannya yang tidak tercapai, namun popularitas blogger/penulis sendiri yang akan menjadi terancam.
Bijaklah dalam memproduksi tulisan, karena semenarik apapun hal yang kita bahas, tentu tetap akan lebih berguna ulasan positif dari objek yang diketengahkan dalam blog yang kita kelola.
Termasuk blogger area manakah kita, siapapun itu tentu akan berharap menjadi seorang penulis sukses yang dikenal bukan karena mengetengahkan hal negatif. Apalagi didasari sumber yang tidak nyata.
Jangan jadi blogger gagal!..


TAGS blogger fajarokto tulisan gagal


-

Author

Fajarokto
Seorang guru, yang berusaha mempraktekkan ilmu dalam kehidupan.

Follow Me