• 7

    Sep

    guru, tukang sayur dan penjual koran

    Tukang Koran Sengaja pagi ini aku bangun sedikit lebih awal dari biasanya, bagi yang nanya biasanya  bangun jam brapa pertanyaan itu ngga usah tak jawab yah :D. karena bagaimanapun siangnya aku masuk kelas yang kuajar tetap saja yang namanya guru  punya hak untuk tidak dicap “telat” :D :D Waktu pagi hari adalah waktu yang sangat luar biasa membawa berkah. Bukan hanya sebagian orang tapi Yang diAtas cukup adil, banyak hal baik yang bisa kita lakukan dipagi hari. Bagi yang berdagang, bangun pagi adalah saat terbaik, karena mereka mempunyai cukup waktu untuk bersiap diri, tidak hanya dagangannya, tapi juga fisik, tentu saja pembeli akan lebih senang membeli sayuran dari pedagang yang segar bersih dan sudah mandi ketimbang yang baru saja bangun tidur bukan :) Bagi se
  • 14

    Aug

    kata, kalimat dan tema #blog's what about

    Blog's What About Banyak hal bisa disharekan melalui postingan diblog. Bisa tutur serius, bernuansa ilmu pengetahuan atau politik, bisa juga  kisah cinta, sedih susah ataupun sekedar unek unek penatnya keseharian yang dilalui oleh penulis. Apapun yang di torehkan oleh penulis asal di sampaikan dengan serius dan fokus penyampaian yang baik, setiap tulisan dapat menjadi momen terbaik pembaca saat berkunjung dan menikmati kata dan kalimat yang kita posting. jangan lupa dalam menyampaikan, penulis acap terbentur dengan kehilangan arah dan ketidak mampuan mereka untuk mengolah tema dan kalimat. Alhasil meski tema yang disampaikan pada umumnya menarik, namun karena “kurangnya” keberanian mereka berinteraksi dengan bahan bacaan menjadikan bahasa mereka dipostingan
  • 7

    Jun

    Sekotak kue #berbagi

    berbagi yang terbaik Pernah ngga, saat menyodorkan sekotak kue berbagai rasa yang baru dibeli ke orang lain, eh ternyata dari selusin rasa kue yang semuanya enak orang yang disodori mengambil kue kesukaan kita, #duh.. Pasti kita jadi merasa jengkel dan tidak puas dengan apa yang kita lakukan. Alih alih pahala dari kerelaan dan kebaikan kita untuk membagi kue pun menjadi kelabu, bahkan ada sebagian kita dengan cueknya menggerutu, kok bisa sih seleranya sama, padahal lho sekotak isinya enak enak semua, kok ngga yang coklat, malah ambil yang rasa.. dst Itulah gambaran hidup jiwa manusia dimata Yang DiAtas, selalu diuji disetiap kesempatan yang ada dan terkadang dikesempatan yang tidak kita duga sekalipun. Kuat atau tidaknya kita dengan ujian yang diberikan olehNya hanya diri sendiri yang
  • 1

    Jun

    Mau bantuin, persiapkan materi #&hati

    Live to Share 0:) Pernah ada murid bertanya kepadaku, pak, sebenarnya orang yang baik itu yang kayak gimana sih, apa harus manut saat diperintah guru dan orang tua, apa harus pandai disetiap pelajaran, apa juga harus selalu menolong setiap ada orang yang membutuhkan apalagi yang bener2 meminta tolong? Dulu, saat pertama jadi guru, biasanya aku langsung menjawab, yaitulah hampir semua itu harus kamu lakukan, jangan ada yang kurang, berlebih malah lebih baik.. tapi itu dulu. Seiring dengan waktu, kualitas pemahaman saya tentang arti kata membantu jadi meningkat, ternyata dalam kegiatan membantu kita harus tetap memperhatikan diri sendiri, apa yang akan terjadi bila kita membantu, apa yang terjadi bila kita tidak, hingga akhirnya membantu pun menjadi “membantu” Hidup memang si
  • 31

    May

    101 human being #alone

    human being Seiring dengan waktu, manusia pasti mengalami perubahan, ya pasti, apa yang tidak berubah dari manusia. Ada yang dari tidak tahu menjadi tahu, ada yang dari tidak mengerti menjadi jelas gamblang, ada yang dari baik menjadi lebih baik, namun ada juga yang dari baik menjadi tidak keruan., #nah lo Manusia memang mempunyai banyak kelebihan, namun yang namanya kelemahan, juga tidak sedikit, hanya memang manusia yang nampak lebih pandai, lebih tegar dan lebih kuat, mampu menyembunyikan kekurangannya dengan mengkemas seakan menjadi kekuatannya. contoh nih, di medan perang, yang namanya pemimpin selalu berkata dengan lantang dan berani, “saudara saudara seperjuangan, saya juga takut menghadapi musuh yang seabrek, tetapi apakah takut itu akan membuat kita kalah, tidak, takut a
  • 25

    May

    murid101: Lulus bingung ga lulus apa lagi.. #lha

    Adelia paling kanan Del kamu udah diterima dimana, pertanyaan yang sudah tahu jawabannya ini sengaja kulontarkan ke Adelia, murid jurusan IPA kelas 12 yang sudah mengikuti Unas. Adelia menjawab dengan pandangan bersemangat “FK Unair pak, alhamdulilah”, yah, jawaban ini sudah kuketahui saat beberapa jam sebelumnya guru-guru melakukan verifikasi nilai dan daftar kelulusan, oia sekedar mengingatkan saya guru lho saudara saudari pembaca, makanya saya diajakin memverifikasi data unas disekolah. #UNAS saat ini bukan lagi hal yang jadi momok serius disekolah, baik untuk jenjang SD,SMP maupun SMA. Aneh memang, moment kelulusan unas yang seakan mendebarkan saat ini sudah bukan hal yang menjadi beban pikiran siswa siswi di beberapa sekolah secara mayoritas, artinya walaupun ada sekola
  • 1

    May

    Kartinian bisa kapan saja #kok

    Merayakan Kartinian Apa sih yang bisa diceritakan dari kisah RA Kartini dihari 21 April? Paling juga hanya itu itu aja, hanya bertemakan “Emansipasi kaum wanita”, “Pelopor kaum wanita”, atau paling sulit saat upacara atau acara ditelevisi mengisahkan tentang buku “Habis Gelap Terbitlah Terang” karangan beliau. Mungkin itulah tanggapan orang kebanyakan saat mereka melalui hari 21 April setiap tahunnya, tanpa kesan tanpa semangat tanpa adanya greget bahwa perempuan Indonesia harus berkoreksi diri dan menjadi lebih baik setiap tahunnya. Mereka hanya beranggapan bahwa hari Kartini memang patut dirayakan dan diupacarakan, namun belum sampai sebagai bahan koreksi dan renungan, apa yang telah dan apa yang akan dilakukan berikutnya. Sebutlah si Bila, salah
  • 22

    Apr

    Jangan Rayakan Hari Kartini, #Jika..

    RA Kartini Tanggal 21 April 2012 tepat adalah ulang tahun Kartini yang ke 133 tahun. Beliau dikenal sebagai pelopor emansipasi kaum wanita, dikenang karena memperjuangkan wanita agar mendapatkan hak yang sama dengan kaum pria. Bagi sebagian orang saat ini, tidak banyak mengenal RA Kartini selain dari tujuan perjuangannya tersebut. Padahal pencipta buku “Habis gelap terbitlah terang” ini telah membuka mata jiwa seluruh manusia Indonesia mengenai makna kesejajaran dalam hak dan kewajiban. Raden Ajeng Kartini adalah putri seorang Raden Mas Sosroningrat, seorang bupati Jepara. Meski bupati adalah jabatan yang cukup tinggi pada jaman kolonial Belanda tetapi tidak menjadikan perempuan Kartini sebagai seseorang yang diberi kebebasan. Beliau sempat bersekolah di ELS, Europese Lage
  • 19

    Apr

    #UNAS 101:jujur salah ga jujur salah..

    Ujian Yuk Fenomena unas disekolah seakan menjadi pembicaraan yang menarik setiap tahun. Sayangnya pembicaraan menarik yang dimaksud bukan dari kualitas soal dan hasil ujian yang diperoleh oleh pelajar yang mengikuti kegiatan unas tersebut sebagai ritual terakhir kegiatan belajar mereka. Yang acap dibicarakan oleh orang-orang maupun oleh pelajar itu sendiri adalah bagaimana proses unas ini dapat dilalui oleh mereka dengan bebas dari unsur kecurangan dan ketidak jujuran. #UNAS# adalah kegiatan paling penghujung dari proses belajar mengajar, dimana setiap siswa harus mampu mengaplikasikan setiap jengkal ilmu yang mereka pelajari saat mereka masuk ke jenjang tertentu dari pendidikan mulai tingkat SD SMP hingga SMA atau setingkatannya. Di unas, pelajar dituntut menjawab semua pertanyaan de

Author

Fajarokto
Seorang guru, yang berusaha mempraktekkan ilmu dalam kehidupan.

Follow Me