• 10

    Oct

    hati dan dalam hati

    Siapa sih yang ngga tahu kalau semua kebahagiaan dan kebaikan itu harus diperjuangkan. Siapa sih yang ngga pengen dapat penghargaan, atau reward yang melimpah? dihargai, dipuji dan dieluelukan oleh orang lain? Jawabannya tak ada yang tak mau, tak ada yang tak ingin. Bahkan bila ucap mengatakan jika hal tersebut biasa saja, namun dihati kecil manusia yang paling dalam pasti akan berkata beda. Tentu akan berbunga. Banyak hal disekitar yang sangat mempengaruhi kehidupan manusia. Dalam pencapaian prestasi banyak hal yang harus dipelajari dan ditekuni. Kesabaran bukan dipelajari dari buku karangan orang sekaliber Da Vinci atau Mario Teguh. Namun berawal dan diawali dari pengalaman akan pahitnya berjuang dan penderitaan saat kita jatuh berusaha berdiri lalu jatuh lagi dan seterusnya. Kesuk
  • 13

    Sep

    look Up and just ask

    banyak yang bilang kalo kita sudah mempunyai mate, itu artinya kita ngga sendiri. itu artinya apapun yang terjadi dalam kehidupan kita, berputar dari pagi sampai malam, dari saat kita menarik nafas hingga terhembus nafas akhir kita kelak, semua hal sudah punya tempat untuk menshare apa dalam isi hati kita. banyak orang bilang juga manusia akan jadi lebih kuat karena semua baik raga dan jiwa punya kemampuan dobel untuk menghadapi apapun baik masalah pikiran maupun hati. Namun manusia acap lupa, jika dalam kehidupannya dia tidak hanya berdua. mereka menganggap kehidupan yang sudah mate ini adalah satu satunya hal dan pilihan akhir dimana yang diAtas sudah menetapkan jalan keluar untuk itu, ngga dapat dipungkiri memang, karena manusia diciptakan dengan segudang kepercayaan dan mudah un
  • 7

    Sep

    guru, tukang sayur dan penjual koran

    Tukang Koran Sengaja pagi ini aku bangun sedikit lebih awal dari biasanya, bagi yang nanya biasanya  bangun jam brapa pertanyaan itu ngga usah tak jawab yah :D. karena bagaimanapun siangnya aku masuk kelas yang kuajar tetap saja yang namanya guru  punya hak untuk tidak dicap “telat” :D :D Waktu pagi hari adalah waktu yang sangat luar biasa membawa berkah. Bukan hanya sebagian orang tapi Yang diAtas cukup adil, banyak hal baik yang bisa kita lakukan dipagi hari. Bagi yang berdagang, bangun pagi adalah saat terbaik, karena mereka mempunyai cukup waktu untuk bersiap diri, tidak hanya dagangannya, tapi juga fisik, tentu saja pembeli akan lebih senang membeli sayuran dari pedagang yang segar bersih dan sudah mandi ketimbang yang baru saja bangun tidur bukan :) Bagi se
  • 14

    Aug

    kata, kalimat dan tema #blog's what about

    Blog's What About Banyak hal bisa disharekan melalui postingan diblog. Bisa tutur serius, bernuansa ilmu pengetahuan atau politik, bisa juga  kisah cinta, sedih susah ataupun sekedar unek unek penatnya keseharian yang dilalui oleh penulis. Apapun yang di torehkan oleh penulis asal di sampaikan dengan serius dan fokus penyampaian yang baik, setiap tulisan dapat menjadi momen terbaik pembaca saat berkunjung dan menikmati kata dan kalimat yang kita posting. jangan lupa dalam menyampaikan, penulis acap terbentur dengan kehilangan arah dan ketidak mampuan mereka untuk mengolah tema dan kalimat. Alhasil meski tema yang disampaikan pada umumnya menarik, namun karena “kurangnya” keberanian mereka berinteraksi dengan bahan bacaan menjadikan bahasa mereka dipostingan
  • 7

    Jun

    Sekotak kue #berbagi

    berbagi yang terbaik Pernah ngga, saat menyodorkan sekotak kue berbagai rasa yang baru dibeli ke orang lain, eh ternyata dari selusin rasa kue yang semuanya enak orang yang disodori mengambil kue kesukaan kita, #duh.. Pasti kita jadi merasa jengkel dan tidak puas dengan apa yang kita lakukan. Alih alih pahala dari kerelaan dan kebaikan kita untuk membagi kue pun menjadi kelabu, bahkan ada sebagian kita dengan cueknya menggerutu, kok bisa sih seleranya sama, padahal lho sekotak isinya enak enak semua, kok ngga yang coklat, malah ambil yang rasa.. dst Itulah gambaran hidup jiwa manusia dimata Yang DiAtas, selalu diuji disetiap kesempatan yang ada dan terkadang dikesempatan yang tidak kita duga sekalipun. Kuat atau tidaknya kita dengan ujian yang diberikan olehNya hanya diri sendiri yang
  • 5

    Jun

    Kebaikanku/mu #tulus-kah?

    ku/mu? Dalam hidup ini kita selalu menjumpai berbagai corak ragam sifat manusia, ada yang selalu tulus dalam setiap perbuatan, ada yang berlapang saat diminta waktunya, ada yang dengan sendirinya bisa menggugah jiwa baiknya sendiri untuk membantu namun ada juga yang harus dirayu dan disadarkan dahulu untuk melakukan kebaikan. Terlepas dari berbagai kriteria diatas, sebagian kita sebagai manusia tetap sadar dan paham bahwa manusia ini bisa berbuat baik dan mampu berbuat baik, hanya memang kita tak pernah tahu, kapan manusia yang baik itu bisa benar benar baik atau mereka jadi baik karena menunggu kebaikan terlebih dahulu. Meski banyak nasehat dan saran dari orang yang lebih dewasa dan berpengalaman untuk generasi yang lebih muda agar jangan sampai salah mengartikan kebaikan sesama, aga
  • 4

    Jun

    Hidup itu indah #bila..

    langkah kisah Semua butuh pendewasaan, bahkan kepada seseorang yang telah berusia sekalipun, itu yang kubisik dalam hati saat aku mengalami masalah, pekerjaan maupun perasaan. Manusia pada awal memang dicipta tanpa cela tanpa dosa dan tanpa pengetahuan. Mereka yang menciptakan jalan cerita didunia ini, mereka menciptakan kisah., entah kisah apa yang mereka mainkan, baik buruk, susah senang, indah cela semua bergantung kepada apa yang mereka miliki di jiwa. Tak banyak manusia yang paham dengan diri mereka sendiri hingga mereka pun berkisah sekenanya dalam kehidupannya. Ada kisah pejuang yang selalu berusaha disetiap masalah yang mereka jumpai, namun tetap terjerumus ke hal yang tidak terduga karena tak mampu menjaga perasaannya. Walau ada kisah indah dimana ketekunan dan pengabdian mer
  • 25

    May

    murid101: Lulus bingung ga lulus apa lagi.. #lha

    Adelia paling kanan Del kamu udah diterima dimana, pertanyaan yang sudah tahu jawabannya ini sengaja kulontarkan ke Adelia, murid jurusan IPA kelas 12 yang sudah mengikuti Unas. Adelia menjawab dengan pandangan bersemangat “FK Unair pak, alhamdulilah”, yah, jawaban ini sudah kuketahui saat beberapa jam sebelumnya guru-guru melakukan verifikasi nilai dan daftar kelulusan, oia sekedar mengingatkan saya guru lho saudara saudari pembaca, makanya saya diajakin memverifikasi data unas disekolah. #UNAS saat ini bukan lagi hal yang jadi momok serius disekolah, baik untuk jenjang SD,SMP maupun SMA. Aneh memang, moment kelulusan unas yang seakan mendebarkan saat ini sudah bukan hal yang menjadi beban pikiran siswa siswi di beberapa sekolah secara mayoritas, artinya walaupun ada sekola
  • 1

    May

    Kartinian bisa kapan saja #kok

    Merayakan Kartinian Apa sih yang bisa diceritakan dari kisah RA Kartini dihari 21 April? Paling juga hanya itu itu aja, hanya bertemakan “Emansipasi kaum wanita”, “Pelopor kaum wanita”, atau paling sulit saat upacara atau acara ditelevisi mengisahkan tentang buku “Habis Gelap Terbitlah Terang” karangan beliau. Mungkin itulah tanggapan orang kebanyakan saat mereka melalui hari 21 April setiap tahunnya, tanpa kesan tanpa semangat tanpa adanya greget bahwa perempuan Indonesia harus berkoreksi diri dan menjadi lebih baik setiap tahunnya. Mereka hanya beranggapan bahwa hari Kartini memang patut dirayakan dan diupacarakan, namun belum sampai sebagai bahan koreksi dan renungan, apa yang telah dan apa yang akan dilakukan berikutnya. Sebutlah si Bila, salah

Author

Fajarokto
Seorang guru, yang berusaha mempraktekkan ilmu dalam kehidupan.

Follow Me